Tips Renovasi Rumah Tipe 36 Berkonsep Minimalis

Rumah minimalis dengan tipe 36 ini termasuk yang paling sederhana dari sisi ukuran, desain, dan juga modelnya, jika dibandingkan dengan rumah minimalis dengan tipe lainnya. Spesifikasi dari rumah seperti ini juga cukup terbatas, yakni hanya terdiri atas dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.

Dengan melihat sempitnya luas bangunan yang ada, untuk konsep desain rumah minimalis tipe 36 ini hanya dapat dilakukan sebatas dengan memaksimalkan fungsi ruangan yang ada di dalamnya. So, bagian dalam rumah tersebut hanya dibuat beberapa ruangan yang diperlukan saja. Dengan begitu bisa memberi kesan lapang, sehingga kesan sumpek pada rumah tipe ini bisa dihindari.

Namun, meskipun mempunyai jumlah ruangan yang cukup terbatas, harga rumah tipe ini terbilang cukup terjangkau buat kalangan menengah ke bawah. Dengan makin bertambahnya anggota keluarga, kebutuhan akan kamar tidur pastinya akan bertambah juga.

Maka dari itulah diperlukan tips untuk mengembangkan rumah minimalis tipe 36 ini dengan menambahkan beberapa jumlah ruangan yang sudah ada. Seperti apa tipsnya? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Renovasi Rumah Tipe 36 Berkonsep Minimalis

Tips renovasi rumah minimalis tipe 36

jika memang harga lahan maupun rumah saat ini semakin tidak terjangkau, maka Anda perlu perencanaan yang cukup matang untuk bisa menambah kapasitas ruangan di dalam rumah, dengan cara melakukan sebuah renovasi. Tetapi, tidak harus banyak merubah ruangan yang sudah ada di dalam rumah tersebut. Dengan cara yang seperti inilah maka anggaran yang bakal dikeluarkan untuk melakukan renovasi rumah tidak terlalu besar.

Selain hal tersebut dengan bertambahnya anggota keluarga, jumlah sebuah kamar tidur yang biasanya hanya dua, perlu ditambh lagi menjadi tiga atau pun empat buah kamar tidur. Rumah dengan tipe 36 ini umumnya dibangun di atas lahan seluas 6 m x 12 m atau 6 m x 15 m.

Yang mana ukuran lahan tersebut memanglah tidak terlalu luas, tetapi masih memungkinkan untuk menambahkan beberapa ruangan di dalamnya, yakni dengan cara mengembangkan desain rumah 2 lantai, dengan menambahkan beberapa ruangan yang telah dibutuhkan.

Tetapi, untuk membuat rumah menjadi 2 lantai ini juga diperlukan space di lantai 1 untuk menempatkan tangga, Konstruksi kuda-kuda dari penutup atap rumahnya juga perlu diperbaharui serta disesuaikan dengan layout lantai yang baru nantinya.

Di dalam merenovasi rumah ini juga dibutuhkan penyesuaikan kembali jumlah kolom struktur serta penambahan dari jumlah pondasi pada titik-titik tertentu, supaya dapat menahan beban berat dari bangunan yang baru.

Tambahan pondasi seperti ini bertujuan untuk mendukung konstruksi lantai 1 supaya lebih kuat serta aman. Struktur pondasi tambahannya ada baiknya diletakkan dibeberapa sudut dan tengah ruangannya.

Walaupun jumlah lantai rumahnya ditambah, ada baiknya jangan merubah denah awal, supaya dapat menghemat biaya renovasinya. Sebagian dinding dibagian belakang pada area dapur yang lama, bisa Anda buka untuk menggabungkannya dengan taman belakang rumah, yang nantinya bisa digunakan sebagai dapur baru.

Itulah tadi tips renovasi rumah tipe 36 berkonsep minimalis yang bisa kami infokan kepada Anda semuanya, semoga bisa menginspirasi para pembacanya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *